Minggu, 14 Juni 2015

Fakultas Agama Islam UNISSULA

Fakultas Agama Islam UNISSULA adalah salah satu fakultas tertua di UNISSULA. Fakultas ini memiliki tiga jurusan dengan empat prodi yaitu jurusan Syari'ah dengan prodi Ahwal Syakhsiyah, jurusan Tarbiyah dengan prodi Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Agama Islam serta jurusan Adab dengan prodi Sejarah Peadaban Islam. Berikut Visi Misi dan Tujuan Fakultas Agama Islam UNISSULA.

VISI, MISI dan TUJUAN
FAKULTAS AGAMA ISLAM


Sejalan dengan visi dan misi UNISSULA sebagai induk dari Fakultas Agama Islam serta menjawab tantangan perubahan bentuk dan status FAI, telah dirumuskan visi, misi dan tujuan FAI sebagai berikut:
Visi

Fakultas Agama Islam terkemuka di Jawa Tengah dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman, dan membangun Peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil 'alamin.
Misi

Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Agama Islam yang berorientasi pasa kualitas dan kesetaraan universal, dengan:
⦁     Merekonstruksi dan mengembangkan: (a) ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman, (b) iptek atas dasar nilai-nilai Islam, untuk memajukan pendidikan Islam dan kesejahteraan umat manusia yang dirahmati Allah SWT.
⦁    Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani pada semua program pendidikan tinggi di bidang ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman dalam rangka membangun generasi khaira ummah tafaqquh fiddin dengan kualitas kecendekiawanan dan kepakaran standar tertinggi dan kesetaraan universal, siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah.
⦁    Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam membangun peradaban Islam melalui upaya memajukan ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.
⦁    Mengembangkan gagasan dan kegiatan agar secara dinamik senantiasa siap melakuka pebaikan kelembagaan, sesuai dengan hasil rekonstruksi dan pengembangan ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman, dan pekermbangan masyarakat.

Tujuan
1.    Terselenggaranya proses rekonstruksi dan pengembangan (a) ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman (b) iptek atas dasar nilai-nilai Islam secara konsisten dan berkelanjutan untuk kemajuan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat yang dirahmati Allah SWT.
2.    Terbentuknya jamaah pendidik tafaqquh fiddin dengan sifat-sifat ulul albab dengan kecendekiawanan dan kepakaran di bidang ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman kualitas tertinggi dan kesetaraan universal, berakhlak mulia, menguasai Islam untuk disiplin ilmu, teknologi informasi, bahasa Arab dan Inggris, istiqamah melaksanakan tugas kependidikan, pengembangan iptek, kepemimpinan dan dakwah.
3.    Terselenggaranya pendidikan pada program Sarjana, Magister, dan Doktor, dan kegiatan pendidikan lainnya yang sejalan dengan kebutuhan menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.
4.    Menghasilkan generasi khaira ummah tafaqquh fiddin, yang menguasai ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman dengan kualitas tertinggi dan kesetaraan universal, berakhlak mulia, menguasai Islam untuk disiplin ilmu, bahasa Arab dan Inggris, teknologi informasi, memiliki jiwa kewirausahaan, siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah.
5.    Terwujudnya partisipasi aktif dalam membangun masyarakat dan peradaban Islam melalui studi dan penelitian intensif, bermutu dan relevan, menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.
6.    Terselenggaranya silaturrahim yang intensif dengan pusat-pusat pengembangan Islam di seluruh dunia.
7.    Terwujudnya pusat kajian pengembangan peradaban Islam untuk menjawab tantangan zaman.
8.    Menjadi rujukan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu-ilmu dan pemikiran keislaman dalam rangka membangun peradaban Islam.
9.    Terselenggaranya proses evaluasi diri dan penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan.
10.    Terselenggaranya proses yang konsisten dalam penyempurnaan kelembagaan, administrasi dan sistem informasi untuk menunjang kualitas pembinaan, dan pengembangan fakultas di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar